Mengenal Komponen Elektronika

Diposting oleh elektro
Minggu, 19 September 2010

         Sebelum kita belajar untuk merakit rangkaian elektronika,terlebih dulu kita wajib mengenal komponen2 yang akan kita rakit,dan kedepan saya akan membahas satu persatu komponen2 dasar elektronika tersebut.
yang pertama akan saya bahas ialah :
RESISTOR
Resistor/Tahanan adalah salah satu jenis komponen dasar elektronika yang berpungsi untuk menahan atau membagi arus listrik dalam suatu rangkaian listrik,adapun besaran satuan yang digunakan untuk nilai suatu tahanan/hambatan dinyatakan dalam ohm.
Sedangkan besaran nilainya biasanya di tuliskan dengan gelang2 warna pada badan resistor tersebut,untuk jelasnya lihat gambar berikut ini:




Sedangkan arti dari gelang warna tersebut dapat anda lihat tabel dibawahini:

KODE WARNAAPPLET WARNANILAITOLERANSI
Hitam0-----
Coklat1-----
Merah2-----
Orange3-----
Kuning4-----
Hijau5-----
Biru6-----
Ungu7-----
Abu-abu8-----
Putih9-----
Emas0,110 %
Perak0,011 %

sedangkan untuk cara penghitungan nilai dari gelang2 warna tersebut akan saya bahas mendatang.
Hanya ada satu catatan yang saya tekankan disini yaitu lebih baik anda mulai menghapal gelang2 warna tersebut dari sekarang jika anda memang belum hapal gelang2 warna tersebut,kalau saya biasa menyingkat gelang warna tersebut dengan kalimat ''HI CO ME JI KU HI BI U A PU" diambil kata depannya dari gelang2 warna diatas.
Akhir kata semoga pembahasan awal ini bermanfaat bagi anda sekalian yang baru belajar elektronika.

  1. elektro Says:
  2. Sample coment

     

Posting Komentar

Blogger Template New Plus Blue

Designed by : Edo Pranata XML Coded by : Edo Pranata